Jangan Asal Gunakan Masker Wajah, Baca Ini Terlebih Dahulu!

Sudahbukan rahasia lagi, jika wanita lebih memperhatikan perawatan wajah daripadaanggota tubuh yang lainnya. Nggak nanggung-nanggung, bahkan ada yang sampairela merogoh saku hingga ratusan juta rupiah. Namun, ada pula yang memilihmelakukan perawatan di rumah saja, terutama untuk masker wajah. Perawatan ini cukup mudah dan praktis, serta tidakmembutuhkan tenaga ahli. Misalnya masker alami untuk menghilangkan komedo seperti ini.

Pengertian dan Manfaat Masker Wajah

Wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering terkena polusi, debu, dan paparan sinar matahari. Hal ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan pada wajah, seperti berjerawat, kusam, munculnya kerutan, serta flek-flek hitam. Oleh karena itu, wajah membutuhkan nutrisi lebih untuk menjaganya agar tetap sehat, segar, dan bercahaya. Salah satunya yaitu dengan cara maskeran.

Masker wajah adalah sebuah perawatan kecantikan yang terbuat dari bahan-bahan tertentu, berbentuk gel, pasta, atau serbuk, dan dioleskan pada wajah. Sebelum memakai masker, jangan lupa untuk mengecek jenis kulit kalian terlebih dahulu ya. Karena beda tipe kulit, beda juga masker yang dibutuhkan. Selain menyenangkan, kegiatan maskeran juga memiliki beberapa manfaat lho! Seperti :

  1. Deep Cleansing

Masker dapat mengatasi produksi minyak berlebih serta membersihkannya hingga ke dalam pori-pori wajah. Terutama bagi kalian yang suka memakai make up tebal dan yang sering terkena polusi. Hal ini dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan kulit menjadi kusam.

  • Detoksifikasi

Detoksifikasi yaitu proses penetralan atau pengeluaran racun dari dalam tubuh (wajah). Penggunaan masker dapat membersihkan racun-racun dari wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, serta mengembalikan keremajaan kulit.

  • Mencerahkan

Masker juga dapat membantu kinerja toner untuk mengencangkankulit wajah, mencerahkan, dan mengurangi bitnik-bintik hitam. Sehingga wajah tampak lebih bersih dan bersinar secara alami.

  • Moisturizing

Paparan polusi dan sinar matahari dapat mengikis kelembapan alami pada kulit, sehingga kulit menjadi kering dan kusam. Masker mampu memberikan lapisan ekstra pada kulit agar kelembapannya senantiasa terjaga. Terutama bagi kalian dengan tipe kulit kering, harus rutin maskeran nih!

  • Menutrisi
Baca Juga :  Cara Creambath Sendiri di Rumah. Super Gampang

Masker terbuat dari bahan-bahan pilihan yang mengandung vitamin, essential oil, dan anti aging. Dengan kandungan tersebut, masker dapat menutrisi kulit hingga lapisan terdalam. Sehingga wajah tetap sehat, segar, dan tampak lebih muda.

  • Shooting Power

Ada beberapa permasalahan yang biasanya terjadi pada kulit wajah, seperti sunburn, iritasi, kemerahan, kulit sensitif dan berjerawat. Kandungan yang terdapat di dalam masker, mampu mengatasi dan memperbaiki permasalahan pada kulit.

Jenis-jenis Masker Wajah Beserta Manfaatnya

Setelah membaca beberapa manfaat masker wajah, apa kalian tertarik untuk mencobanya? Eits, tunggu dulu! Saat ini masker tersedia dalam beberapa jenis dan kegunaan masing-masing. Oleh karena itu, kita bahas sedikit, yuk!

  1. Masker Clay

Masker clay memiliki kegunaan untuk menyerap minyak berlebih dan menarik kotoran yang menyumbat pori-pori. Jenis masker ini cocok untuk tipe kulit wajah yang berminyak. Segera bilas wajah dengar air hangat, saat masker mulai mengering dan retak untuk menghindari dehidrasi dan iritasi pada kulit.

  • Masker Peel Off

Maskerpeel off memiliki kegunaan untuk mengangkat komedo dan kotoran, sertamelembapkan kulit. Cocok untuk tipe kulit wajah yang normal, berminyak, ataupunkering. Basuh wajah dengan air hangat sebelum memakai masker, agar pori-porikulit terbuka dan siap menerima nutrisi dari masker. 

  • Sheet Mask

Meskipun hanya berbentuk seperti lembaran tisu tipis, sheet mask memiliki banyak kandungan nutrisi lho! Penggunaannya pun juga cukup praktis, tinggal tempel pada wajah. Namun sayangnya, masker ini hanya sekali pakai.

  • Gel Mask

Gel mask adalah masker yang berbentuk seperti gel yang dapat membantu mendinginkan dan mengatasi iritasi ringan pada wajah. Kandungan minyaknya cukup sedikit, jadi aman buat kalian yang memiliki kulit berminyak.

  • Masker Thermal
Baca Juga :  Membuat Masker Untuk Kulit Kering Dengan Bahan yang Ada di Dapur

Masker ini memiliki sifat yang menghangatkan kulit, sehingga dapat membantu detoksifikasi kulit serta membersihkan pori-pori. Sangat cocok untuk mengatasi permasalahan dengan pori-pori besar.

  • Masker Efoliasi

Masker efoliasi memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah. Masker ini biasanya terbuat dari kopi atau biji-bijian lainnya.

  • Masker Alami

Masker ini merupakan masker yang sangat tenar di kalangan wanita, karena terbuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar, seperti madu, buah-buahan, beras, dan lain sebagainya. Untuk memperbanyak kandungan nutrisi pada masker wajah alami, kalian juga bisa mencampurkan beberapa bahan lho!

Itulah jenis dari masker untuk wajah yang bisa dicoba di rumah. Tertarik mencoba masker yang mana?